Tugas 6 - Pemrograman Perangkat Bergerak (B)
Nama : Yusna Millaturrosyidah
NRP : 5025211254
Kelas : Pemrograman Perangkat Bergerak (B)
Membuat Aplikasi Woof
Aplikasi Woof adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk menampilkan daftar anjing menggunakan prinsip Desain Material dari Google. Aplikasi ini memiliki fitur utama seperti tampilan daftar anjing yang rapi, lengkap dengan gambar, nama, dan umur setiap anjing. Terdapat sebuah App Bar di bagian atas aplikasi yang menampilkan logo dan nama aplikasi, memberikan identitas visual yang konsisten. Aplikasi ini menggunakan elemen Desain Material seperti
Card
untuk item daftar, Typography
untuk gaya teks, dan Shapes
untuk tampilan gambar, yang semuanya menciptakan pengalaman pengguna yang modern dan menarik. Struktur dasar aplikasi memanfaatkan Scaffold
untuk mengatur tata letak, memastikan tampilan yang responsif dan intuitif di berbagai perangkat.Langkah-Langkah Memulai Proyek Woof di Android Studio
Membuka Kode Awal di Android Studio:
- Buka Android Studio.
- Buka proyek Woof yang telah disediakan.
Membuka dan Memahami File Dog.kt:
- Arahkan ke
com.example.woof > data > Dog.kt
. - File ini berisi data class
Dog
yang digunakan untuk mewakili informasi anjing seperti foto, nama, usia, dan hobi. - Perhatikan juga daftar anjing yang disediakan di dalam file ini, karena data ini akan digunakan di aplikasi.
Meninjau Aset Gambar:
- Buka folder
res > drawable
. - Periksa semua aset gambar yang disertakan dalam proyek, termasuk ikon aplikasi, gambar anjing, dan ikon lainnya.
Meninjau File strings.xml:
- Buka folder
res > values > strings.xml
. - File ini berisi string yang digunakan dalam aplikasi, termasuk nama aplikasi, nama anjing, deskripsi, dan lainnya.
Meninjau MainActivity.kt:
- Buka file
MainActivity.kt
. - File ini berisi kode untuk membuat daftar sederhana yang menampilkan foto, nama, dan usia anjing.
- Perhatikan beberapa composable utama:
WoofApp()
: BerisiLazyColumn
yang menampilkanDogItem
.DogItem()
: BerisiRow
yang menampilkan foto anjing dan informasi tentangnya.DogIcon()
: Menampilkan foto anjing.DogInformation()
: Menampilkan nama dan usia anjing.WoofPreview()
: Memungkinkan Anda melihat pratinjau aplikasi di panel Design.Memastikan Emulator/Perangkat Bertema Terang:
- Buka aplikasi Setelan di perangkat/emulator Anda.
- Cari opsi Tema gelap.
- Pastikan Tema gelap tidak aktif (nonaktifkan jika aktif).
Menjalankan Kode Awal:
- Jalankan aplikasi di emulator atau perangkat fisik.
- Lihat daftar yang menampilkan anjing beserta foto, nama, dan usianya.
- Perhatikan bahwa meskipun aplikasi sudah berfungsi, tampilannya masih perlu diperbaiki untuk terlihat lebih menarik.
Berikut merupakan tampilan dari kode awal ketika dijalankan :
Kemudian berikut merupakan kode yang telah dimodifikasi :
- Penggunaan
Scaffold
dan Penambahan App Bar: - Scaffold:
Scaffold
adalah composable dari Jetpack Compose yang menyediakan struktur tata letak dasar aplikasi dengan slot untuk elemen-elemen umum sepertitopBar
,bottomBar
,floatingActionButton
, dll. Ini membantu dalam mengatur tata letak aplikasi dengan cara yang konsisten.topBar
di sini diisi denganWoofTopBarApp
, yang merupakan composable baru yang ditambahkan untuk menampilkan App Bar.
- LazyColumn dengan contentPadding:
- LazyColumn di dalam
Scaffold
diberikancontentPadding
yang berasal dari lambdait
. Ini memastikan bahwa konten daftar tidak tertutup oleh elemen-elemen dariScaffold
sepertitopBar
.
- LazyColumn di dalam
- Penambahan
Card
untuk Item Daftar: - Card:
Card
adalah composable yang digunakan untuk menampilkan item dalam bentuk kartu dengan efek elevasi dan batas yang memberikan tampilan yang lebih menarik dan terstruktur.- Di sini,
Card
membungkus seluruh kontenDogItem
, memberikan tampilan yang lebih baik pada item daftar.
- Penambahan
clip
danContentScale
pada Gambar: - clip:
clip
digunakan untuk memotong gambar dengan bentuk tertentu. Di sini, gambar dipotong dengan bentuk kecil dari tema material menggunakanMaterialTheme.shapes.small
.
- ContentScale:
contentScale
diatur keContentScale.Crop
yang memastikan bahwa gambar di-crop agar sesuai dengan ukuran yang ditentukan, mengisi seluruh ruang yang tersedia dan memotong bagian yang berlebih.
- Penambahan
WoofTopBarApp
: CenterAlignedTopAppBar:
CenterAlignedTopAppBar
adalah composable dari Material 3 yang menampilkan App Bar dengan judul yang disejajarkan di tengah.
Row:
- Di dalam
CenterAlignedTopAppBar
, sebuahRow
digunakan untuk menampilkan logo aplikasi dan nama aplikasi secara horizontal. verticalAlignment = Alignment.CenterVertically
memastikan bahwa elemen-elemen dalamRow
disejajarkan secara vertikal di tengah.
- Di dalam
Image:
- Menampilkan logo aplikasi menggunakan
painterResource(R.drawable.ic_woof_logo)
.
- Menampilkan logo aplikasi menggunakan
Text:
- Menampilkan nama aplikasi menggunakan
stringResource(R.string.app_name)
dan gaya teks yang diatur menggunakanMaterialTheme.typography.displayLarge
.
- Menampilkan nama aplikasi menggunakan
- Penggunaan
MaterialTheme.typography
padaDogInformation
: - Text dengan
MaterialTheme.typography
:MaterialTheme.typography.displayMedium
: Digunakan untuk gaya teks nama anjing, memberikan tampilan yang lebih besar dan mencolok.MaterialTheme.typography.bodyLarge
: Digunakan untuk gaya teks umur anjing, memberikan tampilan teks yang lebih besar dan mudah dibaca.
Berikut ini merupakan hasil modifikasi yang telah dilakukan :
Tampilan Light Mode
Komentar
Posting Komentar