Tugas 2 - Perancangan Perangkat Lunak (A)
Nama : Yusna Millaturrosyidah
NRP : 5025211254
Kelas : Perancangan Perangkat Lunak (A)
Perancangan Berbasis Obyek
Referensi Jurnal : IMPLEMENTASI ANALISIS DESAIN BERBASIS OBJEK PADA APLIKASI PEMINJAMAN SARANA DAN PRASARANA BERBASIS MOBILE
Deskripsi Singkat
"Apifak" adalah aplikasi berbasis mobile yang bertujuan untuk mengatasi ketidakefektifan dalam aktivitas peminjaman sarana dan prasarana di Fakultas Ilmu Komputer UPN "Veteran" Jawa Timur. Dikembangkan melalui metode ikonik, aplikasi ini menyediakan solusi dengan memungkinkan pengguna untuk melakukan peminjaman secara efisien melalui perangkat seluler mereka. Dalam pengembangannya, "Apifak" menggunakan berbagai desain berbasis objek, termasuk penyusunan flowchart, desain antarmuka pengguna, dan diagram-diagram lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses peminjaman sarana dan prasarana di lingkungan kampus.
I. Dynamic Model
- Use Case Diagram
Use case diagram untuk sistem Apifak menunjukkan interaksi antara aktor dan fitur-fitur sistem. Tiga aktor utama dalam sistem ini adalah peminjam, admin, dan kepala sarana prasarana. Peminjam dapat melihat, memilih, dan memesan sarana prasarana. Admin memiliki otoritas untuk mengelola data sarana prasarana, termasuk input, hapus, dan perbarui data, serta menerima atau menolak pemesanan. Kepala sarana prasarana dan admin dapat melihat laporan tentang sarana prasarana. Ini memberikan gambaran tentang siapa yang dapat melakukan apa dalam sistem Apifak.
- Robustness Diagram
Robustness diagram merupakan representasi grafis dari bagaimana use case berinteraksi dengan objek dalam sistem. Tujuannya adalah untuk membantu dalam analisis desain sistem dan memastikan konsistensi antara use case dan domain model. Diagram ini terdiri dari tiga elemen utama: boundary object (antarmuka sistem), entity object (class dan controller yang menghubungkan antarmuka dengan entitas), dan control object (objek yang mengatur alur kerja use case). Melalui robustness diagram, analisis use case dapat dihubungkan secara langsung dengan struktur objek dalam domain model, memudahkan implementasi pengkodean dalam pengembangan perangkat lunak.
- Sequence Diagram
Sequence diagram adalah gambaran interaksi antara objek dalam sebuah sistem dengan detail yang menyeluruh. Diagram ini membantu memahami alur kerja sistem secara berurutan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi operasi yang dilakukan oleh setiap class dalam sistem. Pada diagram untuk Apifak, dipaparkan bagaimana seorang peminjam melakukan proses peminjaman sarana dan prasarana, menggambarkan tindakan yang dilakukan oleh peminjam dalam urutan yang tepat.
II. Static Model
- Class Diagram
Class Diagram adalah gambaran visual dari struktur sistem yang menampilkan kelas-kelas yang ada dalam sistem tersebut. Diagram ini statis dan menjelaskan hubungan antara kelas-kelas tanpa memperhatikan urutan waktu. Pada diagram untuk sistem Apifak, terdapat empat kelas utama: user, pesanan, sarpras (sarana prasarana), dan laporan. Setiap kelas memiliki atribut dan operasi yang terkait, membantu dalam memahami struktur sistem sebelum implementasi dilakukan.
- Domain Model Diagram
Domain model adalah representasi visual dari hubungan agregasi antara kelas-kelas dalam sebuah sistem. Pada gambar domain model aplikasi Apifak, terlihat objek-objek sistem beserta hubungan-hubungannya. Salah satu contoh hubungan adalah antara kelas "Akun Pengguna" dan "Peminjam", yang menunjukkan bahwa setiap peminjam wajib memiliki akun pengguna. Domain model membantu dalam memahami struktur dan hubungan antar objek dalam sistem sebelum implementasi dilakukan.
III. Design Model (Perancangan Berbasis Obyek)
Design Model (Perancangan Berbasis Obyek) pada Aplikasi Peminjaman Sarana dan Prasarana adalah sebagai berikut :
Komentar
Posting Komentar