Quiz - Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (B)
Nama : Yusna Millaturrosyidah
NRP : 5025211254
Kelas : PBKK - B
1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?
Jawab :
Sebuah framework dalam pengembangan perangkat lunak adalah struktur kerangka kerja yang menyediakan dasar kerja yang sudah terdefinisi, aturan, komponen-komponen, dan panduan yang membantu pengembang perangkat lunak dalam merancang, membangun, dan mengelola aplikasi perangkat lunak. Struktur ini mengatur cara pengembangan perangkat lunak dilakukan dan menyediakan kerangka kerja untuk memfasilitasi proses pengembangan. Berikut adalah beberapa elemen utama dalam struktur framework dan kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak:
- Struktur Organisasi: Framework biasanya menyediakan struktur organisasi proyek yang telah terdefinisi. Contoh umum adalah Model-View-Controller (MVC) untuk aplikasi web. Ini membantu dalam pemisahan tugas dan memungkinkan pengembang untuk merancang aplikasi dengan cara yang terstruktur.
- Kode Template: Framework menyediakan kode template atau kerangka kerja dasar yang dapat digunakan sebagai titik awal untuk pengembangan aplikasi. Ini menghemat waktu pengembang dengan menyediakan kerangka kerja awal yang bisa mereka modifikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi.
- Libraries dan API: Framework sering menyertakan berbagai pustaka (libraries) dan API yang memungkinkan pengembang untuk menggunakan fungsi-fungsi umum dan komponen-komponen siap pakai. Ini mengurangi upaya pengembang dalam membangun fungsi-fungsi dasar, seperti pemrosesan data, manajemen database, atau interaksi jaringan.
- Konsistensi Kode: Framework sering kali mendorong pengembang untuk mengikuti pola desain tertentu dan standar penamaan. Hal ini membuat kode menjadi lebih mudah dibaca, dimengerti, dan dikelola oleh tim pengembang.
- Keamanan: Banyak framework telah memasukkan mekanisme keamanan yang bawaan, sehingga membantu melindungi aplikasi dari serangan umum seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan sebagainya.
- Pengembangan Kolaboratif: Framework memudahkan kerja tim pengembang. Dengan mengikuti struktur yang telah ditentukan, pengembang dapat bekerja bersama lebih efisien, memahami kode satu sama lain, dan menghindari duplikasi pekerjaan.
- Perbaikan dan Pemeliharaan: Framework sering diperbarui dan dipelihara oleh komunitas pengembang yang lebih luas. Ini membuat aplikasi yang dibangun dengan framework lebih mudah untuk diperbarui dan diperbaiki saat ada perubahan atau masalah yang muncul.
- Skalabilitas: Framework membantu dalam membangun aplikasi yang dapat diskalakan dengan mudah. Pengembang dapat menambahkan lebih banyak fitur atau mengelola beban kerja yang lebih besar.
- Efisiensi Waktu dan Sumber Daya: Menggunakan framework dapat menghemat waktu dan upaya yang diperlukan dalam pengembangan perangkat lunak, karena sebagian besar komponen dasar telah ada.
- Dokumentasi yang Terstruktur: Framework sering menyertakan dokumentasi yang terstruktur, memudahkan pengembang dalam memahami cara menggunakan komponen-komponen framework dan bagaimana menjalankan tugas-tugas tertentu.
2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF , ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing-masing.
Jawab :
Pertimbangan saat memilih metode implementasi meliputi:
- Tujuan Aplikasi: Pertimbangkan apakah aplikasi yang ingin dibuat akan berjalan di desktop saja (WinForms atau WPF) atau apakah ingin mencakup berbagai perangkat Windows (UWP).
- Desain Antarmuka: Jika desain antarmuka yang modern dan menarik adalah prioritas, maka WPF atau UWP lebih cocok.
- Kinerja: Jika aplikasi yang akan dibuat memerlukan kinerja tinggi, WinForms atau WPF dapat menjadi pilihan yang lebih cepat.
- Ketergantungan Platform: Pertimbangkan apakah aplikasi yang akan dibuat tergantung pada platform Windows (WinForms) atau bersifat universal (UWP).
- Perubahan di Masa Depan: UWP adalah pilihan yang lebih masa depan karena mencakup berbagai perangkat Windows.
1. WinForms (Windows Forms):
- Kinerja: WinForms adalah teknologi yang sudah ada sejak lama dan telah mapan. Banyak aplikasi Windows yang sudah menggunakan WinForms, sehingga memiliki basis pengguna yang besar.
- Performa: WinForms cenderung lebih cepat dalam hal performa dibandingkan dengan WPF atau UWP karena lebih ringan.
- Desain Antarmuka: Meskipun dapat merancang antarmuka yang baik dengan WinForms, kemampuannya dalam hal desain dan tampilan yang modern terbatas dibandingkan dengan WPF.
- Ketergantungan pada Windows: Aplikasi WinForms hanya berjalan di platform Windows.
2. WPF (Windows Presentation Foundation):
- Desain Antarmuka: WPF memiliki kemampuan desain yang jauh lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan WinForms. Dengan WPF dapat membuat antarmuka yang lebih modern, menarik, dan responsif.
- XAML: Pengembangan WPF menggunakan bahasa XAML yang memisahkan desain dari kode aplikasi, memudahkan kerja dengan desainer grafis.
- Data Binding: WPF memiliki kemampuan data binding yang kuat, memudahkan pengolahan data dan presentasi.
- Resolusi Independen: WPF mendukung antarmuka yang dapat menyesuaikan dengan berbagai resolusi layar.
- Interoperabilitas: Anda dapat menyematkan elemen-elemen WinForms ke dalam aplikasi WPF jika diperlukan.
3. UWP (Universal Windows Platform):
- Universal: UWP adalah platform yang dirancang untuk mencakup berbagai perangkat Windows, termasuk desktop, tablet, dan perangkat seluler. Ini memungkinkan pengembangan aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat Windows.
- Modern dan Responsif: UWP memungkinkan untuk membuat antarmuka yang modern, responsif, dan terintegrasi dengan baik dengan desain Windows 10.
- Sandcastle: UWP memanfaatkan fitur keamanan yang kuat, termasuk isolasi aplikasi dan kontrol izin.
- Distribusi: Aplikasi UWP dapat didistribusikan melalui Microsoft Store, yang dapat meningkatkan jangkauan aplikasi yang dibuat.
3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winfor, WPF dan UWP
Jawab :
- UWP (Universal Windows Platform)
4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya.
Jawab :
Aplikasi Rich UI (Rich User Interface) adalah jenis aplikasi perangkat lunak yang memiliki antarmuka pengguna yang lebih menarik, interaktif, dan responsif. Istilah "rich" dalam hal ini mengacu pada pengalaman user yang lebih mendalam, yang berarti aplikasi ini memberikan pengalaman yang lebih memuaskan dan menarik bagi pengguna. Ini tercapai melalui berbagai fitur dan aspek yang dirancang untuk meningkatkan interaktivitas dan kualitas tampilan antarmuka aplikasi.
Berikut merupakan Design UI yang akan dibuat :
5. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.
Link Youtube : https://youtu.be/w57m0N68x5Y
Komentar
Posting Komentar